BREAKING NEWS

Berapa Suhu Aspal Saat Penghamparan Aspal Pada Proses Pengaspalan Jalan

Berapa Suhu Aspal Saat Penghamparan Aspal Pada Proses Pengaspalan Jalan, Melayani Jasa Pengaspalan Jalan, Perbaikan Jalan Baik Secara Manual Maupun Hotmix. Harga Murah, Mutu Berkualitas, Terpercaya, Handal, Pengerjaan Cepat, Tidak Mudah Hancur. Harga Jasa Aspal. Harga Jasa Hotmix. Info Jasa Aspal. Info Jasa Hotmix. Aspal Hotmix
Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Sebagai pelengkap sarana yang kami miliki untuk pemeliharaan periodik jalan tol, Jasamarga Toll Road Maintenance mengolah dan memproduksi Aspal Hotmix. Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Selain melapisi permukaan konstruksi jalan dengan lalu lintas ringan, sedang, dan berat, Aspal jenis ini tahan dalam segala kondisi cuaca.


Pekerjaan aspal pada proyek jalan sering kali tidak sesuai dengan spesifikasi teknis saat pelaksanaan di lapangan. Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Beberapa hal yang sering kali disoroti dalam pekerjaan aspal antara lain komposisi campuran aspal, cara pemadatan aspal, dan suhu penghamparan aspal. Melayani Jasa Pengaspalan Jalan, Perbaikan Jalan Baik Secara Manual Maupun Hotmix. Harga Murah. Suhu merupakan salah satu faktor yang paling berpengaruh terhadap kualitas pekerjaan aspal. Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Salah satu dampak yang terjadi apabila suhu tidak sesuai dengan spesifikasi saat penghamparan adalah ikatan antar agregat dengan aspal tidak akan maksimal sehingga bisa mengakibatkan aspal cepat sekali rusak.

Melayani Jasa Pengaspalan Jalan, Perbaikan Jalan Baik Secara Manual Maupun Hotmix. Harga Murah.  Temperatur atau suhu aspal harus tetap terjaga oleh karena itu posisi AMP (Asphalt Mixing Plant) harus disesuaikan dengan lokasi proyek. Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Posisi AMP yang baik adalah sebisa mungkin dekat dengan lokasi sehingga bisa menjangkau titik terjauh tanpa mengurangi kualitas.

Tahapan pekerjaan aspal antara lain pencampuran, Menuangkan Aspal ke dump truck, Pemasokan ke alat penghampar (Asphalt finisher), Pemadatan awal, pemadatan kedua, dan pemadatan akhir. Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Semua tahapan tersebut mempunyai ketentuan temperatur/suhu yang berbeda-beda. Berikut suhu aspal saat pencampuran dan pemadatan.Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang!

No Prosedur Pelaksanaan Rentang Temperatur (derajat celcius)
1 Pencampuran Benda Uji Marshall 155 + 1
2 Pemadatan Benda Uji Marshall 145 + 1
3 Pencampuran 145 – 155
4 Menuangkan Aspal Ke truk 135 – 150
5 Pemasokan ke Alat Penghampar 130 – 150
6 Pemadatan Awal (Roda Baja) 125 – 145
7 Pemadatan Antara (Roda Karet) 100 – 125
8 Pemadatan Akhir (Roda Baja) Ø97

Pada tabel di atas mempunyai suhu yang berbeda-beda dengan rentang yang berbeda-beda. Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Pada saat pelaksanaan pekerjaan di atas harus diukur terlebih dahulu suhunya oleh bagian Quality Control untuk memastikan suhu tidak berubah selama perjalanan dari AMP ke titik lokasi.Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang!

Cara Pemadatan Aspal Yang Benar

Melayani Jasa Pengaspalan Jalan, Perbaikan Jalan Baik Secara Manual Maupun Hotmix. Harga Murah.  Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai prosedur dalam pekerjaan jalan khususnya perkerasan lentur. Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang!  Perkerasan lentur adalah sistem perkerasan dalam jalan menggunakan aspal beton. Kualitas dari campuran aspal ini sangat dipengaruhi oleh beberapa hal antara lain sistem pengerjaannya, proporsi campuran, dan kualitas materialnya. Dalam artikel ini yang akan dibahas adalah sistem pengerjaannya  di lapangan khususnya cara pemadatan aspal yang benar. 

Melayani Jasa Pengaspalan Jalan, Perbaikan Jalan Baik Secara Manual Maupun Hotmix. Harga Murah.

Cara pemadatan aspal di lapangan kadang tidak sesuai dengan teori yang ada sehingga kualitas jalan yang dihasilkannya pun tidak maksimal. Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Banyak sekali kasus proyek jalan yang mengalami kerusakan sebelum umur rencana sehingga bisa dipastikan dalam pengerjaannya ada yang kurang maksimal.

Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Pemadatan aspal pada badan jalan wajib dilakukan dengan benar dan sesuai spesifikasi yang diisyaratkan oleh RKS karena akan berpengaruh terhadap kualitas campuran aspal. Beberapa risiko negatif yang dihasilkan apabila pemadatan kurang sempurna antara lain :

  1. Aspal sudah rusak sebelum waktunya
  2. Agregat pada campuran aspal akan mudah terpisah akibat kurangnya pemadatan.
  3. Kelenturan aspal berkurang
  4. Permukaan aspal tidak rata sehingga tidak nyaman bagi pengemudi kendaraan

Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Beberapa alat berat penunjang untuk memadatkan aspal antara lain Asphalt spray, Asphalt finisher, PTR (pneumatic Tyre Roller), dan Tandem roller.

Asphalt spray adalah kendaraan yang mempunyai tanki digunakan menyemprotkan aspal prime coat maupun tack coat.Melayani Jasa Pengaspalan Jalan, Perbaikan Jalan Baik Secara Manual Maupun Hotmix. Harga Murah. Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang!

Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Asphalt finisher adalah alat berat yang digunakan untuk menghamparkan hotmix (campuran aspal) ke badan jalan.

PTR adalah alat berat yang mempunyai roda karet untuk memadatkan campuran aspal. Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang!

Tandem roller adalah alat berat yang mempunyai roda baja depan dan belakan untuk memadatkan campuran aspal.Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang!

Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang!  Lalu bagaimana cara pemadatan aspal yang benar? Berikut sistem pemadatan yang biasa dilakukan di lapangan.Melayani Jasa Pengaspalan Jalan, Perbaikan Jalan Baik Secara Manual Maupun Hotmix. Harga Murah.

Ada tiga tahapan dalam pemadatan aspal antara lain pemadatan awal, pemadatan kedua dan pemadatan akhir.

1. Pemadatan Awal

Pemadatan awal dilakukan ketika dump truck menuangkan hotmix kedalam asphal finisher kemudian menghamparkan ke badan jalan. Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang!  Pemadatan awal ini harus dilaksanakan dengan menggunakan alat pemadat roda baja atau tandem roller. Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Alat pemadat ini harus dioperasikan mengikuti gerak asphalt finisher. Setiap titik perkerasan harus menerima minimum dua lintasan penggilasan awal dengan kecepatan maksimal 4 km/jam. Pemadatan awal dimulai dari tempat sambungan memanjang dan kemudian ke tepi luar.

2. Pemadatan Kedua

Pemadatan kedua atau utama harus dilaksanakan dengan alat pemadat roda karet atau PTR sedekat mungkin dibelakang penggilasan awal dengan kecepatan maksimal 10 km/jam.Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang!   Pemadatan ini harus dimulai dari tempat sambungan memanjang dan kemudian ke tepi luar.

3. Pemadatan Akhir

Pemadatan akhir atau penyelesaian harus dilaksanakan dengan alat berat pemadat roda baja tanpa penggetar (vibrasi). Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Bila hamparan aspal tidak menunjukkan bekas jejak roda pemadatan setelah pemadatan kedua, pemadatan akhir ini bisa tidak dilakukan asalkan pemadatan setelah penggilasan kedua cukup memadai.

Sebagai tambahan untuk pemadatan aspal pada daerah super elevasi dilakukan dengan dimulai dari lajur yang rendah ke lajur yang tinggi.Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang!

Perbandingan Kontruksi Jalan Beton, Aspal dan Paving 

Jalan Beton

Perkerasan jalan beton semen atau secara umum disebut perkerasan kaku, terdiri atas plat (slab) beton semen sebagai lapis pondasi dan lapis pondasi bawah (bisa juga tidak ada) di atas tanah dasar. Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Dalam konstruksi perkerasan kaku, plat beton sering disebut sebagai lapis pondasi karena dimungkinkan masih adanya lapisan aspal beton di atasnya yang berfungsi sebagai lapis permukaan.

Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang!  Perkerasan beton yang kaku dan memiliki modulus elastisitas yang tinggi, akan mendistribusikan beban ke bidang tanah dasar yang cukup luas sehingga bagian terbesar dari kapasitas struktur perkerasan diperoleh dari plat beton sendiri. Hal ini berbeda dengan perkerasan lentur dimana kekuatan perkerasan diperoleh dari tebal lapis pondasi bawah, lapis pondasi dan lapis permukaan.

Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang!  Penggunaan perkerasan beton sebagai jalan raya dan jalan lingkungan dapat menjadi pilihan yang baik untuk suatu wilayah. Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Untuk perkerasan beton umumnya dibuat dengan tebal minimal 20 cm menggunakan beton bermutu tinggi (minimal beton K-300) agar tahan aus terhadap roda lalu lintas, memiliki ketahanan yang baik terhadap pelapukan akibat cuaca, serta tidak memerlukan pemeliharaan yang terlalu sering.

Kelebihan jalan beton

  • Dapat menahan beban kendaraan yang berat.
  • Tahan terhadap genangan air dan banjir.
  • Biaya perawatan lebih murah dibanding jalan aspal.
  • Dapat digunakan pada struktur tanah lemah/ekpansif yang CBR-nya rendah tanpa perbaikan struktur tanahnya terlebih dahulu.
  • Pengadaan material lebih mudah didapat.
  • Direkomendasikan untuk jalan yang mempunyai tanah dasar yang jelek, dan jalan yang lalu lintas kendaraan beratnya cukup tinggi.

Kekurangan jalan beton
Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang!  Kualitas jalan beton sangat tergantung pada proses pelaksanaannya, misalnya pengeringan yang terlalu cepat dapat menimbulkan keretakan jalan, untuk mengatasi hal ini dapat menambahkan zat kimia pada campuran beton atau dengan menutup beton pasca pengecoran dengan kain basah untuk memperlambat proses pengeringan.

  • Untuk penggunaan pada jalan raya dengan kapasitas berat kendaraan yang tinggi, maka biaya konstruksi jalan beton lebih mahal dibanding jalan aspal, namun lebih murah pada masa perawatan. Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang!
  • Kehalusan dan gelombang jalan sangat ditentukan pada saat proses pengecoran sehingga diperlukan pengawasan yang ketat.
  • Proses perbaikan jalan dengan cara menumpang pada konstruksi jalan beton yang lama, sehingga menaikan ketinggian elevasi jalan, sehingga terkadang elevasi jalan lebih tinggi dibanding rumah disampingnya.Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang!
  • Warna beton membuat suasana jalan menjadi keras dan gersang sehingga menimbulkan efek kehati-hatian bagi pengendara diatasnya.

Jalan aspal
Perkerasan lentur dengan bahan pengikat aspal yang sering disebut campuran aspal panas atau hot mix.
Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Pemakaian tipe perkerasan lentur tersebut semakin meningkat seiring dengan meningkatnya pengembangan suatu daerah. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut dilakukan (impor dari luar negeri seperti aspal Shell, ESSO 2000 dllnya) . Komponen aspal memberikan sumbangan sebesar 60% dari biaya total hot mix.).

Kelebihan jalan aspal
  • Biaya awal pembangunan relative lebih murah dibandingkan dengan konstruksi beton dan paving.
  • Jalan lebih halus, mulus dan tidak bergelombang sehingga enak dalam berkendara.
  • Warna hitam aspal memepengaruhi psikologi pengendara menjadi lebih teduh dan nyaman.
  • Untuk penggunaan pada jalan dengan lalu lintas kendaraan ringan, jalan aspal lebih murah dibanding konstruksi jalan beton.
  • Proses perawatan lebih mudah karena tinggal mengganti pada area jalan aspal yang rusak saja, dengan cari menggali dan mengganti dengan yang baru pada area jalan yang rusak.
  • Direkomendasikan untuk jalan yang tanah dasarnya sudah matap, didukung system drainase jalan yang sudah tertata dengan baik.

 

Kekurangan jalan aspal

  • Tidak tahan terhadap genangan air, sehingga memerlukan saluran drainase yang baik untuk proses pengeringan jalan aspal pasca hujan atau banjir.
  • Pada struktur tanah yang buruk harus dilakukan perbaikan tanah terlebih dahulu sebelum ditumpangi oleh konstruksi jalan aspal.


PERKERASAN MENGGUNAKAN PAVING BLOCK
Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Jenis perkerasan jalan lainnya yaitu paving block , yang terbuat dari campuran pasir dan semen ditambah atau tanpa campuran lainnya ( abu batu atau lainnya ). Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Paving block atau blok beton terkunci menurut SII.0819-88 adalah suatu komposisi bahan bangunan yang terbuat dari campuran semen portland atau bahan perekat hidrolis lainnya, air dan agregat dengan atau tanpa bahan tambahan lainnya yang tidak mengurangi mutu beton tersebut.

Bentuk Dan Ukuran

  1. Berdasarkan bentuknya paving block dapat dibedakan menjadi dua yaitu bentuk segi empat dan segi banyak.
  2. Ketebalan 6 cm, 8 cm dan 10 cm,
  3. Warna umumnya abu-abu atau sesuai dengan pesanan konsumen.
  4. Toleransi ukuran yang disyaratkan adalah ± 2 mm untuk ukuran lebar bidang dan ± 3 mm untuk tebalnya serta kehilangan berat bila diuji dengan natrium sulfat maksimum 1%

Keuntungan dari Paving Block

  1. Pelaksanaannya mudah dan tidak memerlukan alat berat serta dapat diproduksi secara masal;
  2. Pemeliharaannya mudah dan dapat dipasang kembali setelah dibongkar;
  3. Tahan terhadap beban statis, dinamik dan kejut dan tahan terhadap tumpahan bahan pelumas dan pemanasan oleh mesin kendaraan.
  4. Dengan penggunaan paving block, maka diharapkan akan mampu meresapkan air, terutama paving berumput dapat menjadi solusi untuk mengatasi genangan. Selain bisa menjaga lingkungan, digunakannya paving berumput juga mempercantik lingkungan. Karena itu sejumlah kalangan memberikan saran pemanfaatan paving berumput.
  5. Direkomendasikan untuk digunakan di jalan lingkungan perumahan.

Kelemahan Paving Block
Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Mudah bergelombang bila pondasinya tidak kuat dan kurang nyaman untuk kendaraan dengan kecepatan tinggi. Sehingga perkerasan paving block hanya cocok untuk mengendalikan kecepatan kendaraan di lingkungan permukiman dan perkotaan yang padat.

Kerusakan Aspal Jalan

Kerusakan yang umum terjadi pada pekerjaan campuran beraspal yaitu deformasi plastis, retak-retak, lepas-lepas, permukaan sudah aus/aging dan lubang-lubang ditambah dengan metode penanganan dan penggunaan bahan yang kurang tepat akan mengakibatkan perbaikan berulang salah satu solusinya yaitu penanganan secara preventif yaitu material yang tepat seperti seal coat dengan asbuton modifikasi, lapis tipis cold paving hotmix asbuton. Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang!

Mengenal Aspal Hotmix, Mulai dari Definisi Sampai Jenis-Jenisnya

Salah satu jenis aspal yang lazim kita dengar adalah aspal hotmix. Jenis aspal ini lazim dipakai untuk jalan raya, jalan di perumahan, atau bisa juga dipakai pada lapangan pesawat terbang.Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang!

Pada artikel ini, kami akan membahas banyak hal soal aspal hotmix.Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Mulai dari definisi, kelebihan, penggunaan, sampai jenis-jenisnya. Semua hal itu bisa disimak sebagai berikut!

Definisi Aspal Hotmix

Menurut berbagai macam sumber, aspal hotmix lazim didefinisikan sebagai jenis aspal yang terbuat dari campuran berbagai bahan. Adapun bahan yang dipakai adalah Agregat Halus (abu batu), Filler, serta Agregat Kasar (batu split atau batu screening).Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang!

Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Semua bahan itu lantas dicampur dan diberi bahan pengikat panas dengan suhu panas tinggi. Agar semua bahan itu tercampur dengan baik, pencampuran semua bahan itu mesti diatur oleh spesifikasi teknis. Di luar sana, jenis aspal ini juga dikenal dengan sebutan aspal beton.

Kelebihan Aspal Hotmix

Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Aspal hotmix punya banyak kelebihan yang bikin dia dipakai oleh banyak orang. Kelebihan-kelebihan tersebut adalah:

Cepat dan Kuat

Aspal hotmix bisa dikerjakan dalam waktu cepat. Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Hal itu bisa membuat pekerjaan pengaspalan menjadi lebih efisien. Aspal hotmix juga cepat kering, sehingga bisa langsung dipakai. Aspal hotmix juga punya daya tahan yang kuat. Terutama, kuat terhadap suhu udara ekstrim dan air.

Stabil dan Fleksibel

Aspal hotmix juga punya sifat yang stabil dan fleksibel. Kestabilan aspal hotmix bikin jenis bisa menahan beban lalu lintas tanpa mengalami deformasi. Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Sifatnya yang fleksibel bikin aspal ini tidak mudah merenggang, serta bikin pengendara nyaman melintasinya.

Penggunaan Aspal Hotmix

Sebagaimana yang disebutkan di awal paragraf, aspal hotmix lazimnya dipakai jalan raya (baik dengan lalu lintas ringan, berat, maupun sedang), perumahan, ataupun lapangan pesawat terbang.Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Aspal hotmix juga bisa dipakai atau dipasang dalam berbagai macam cuaca. Entah itu panas maupun hujan.

Jenis-Jenis Aspal Hotmix

Di pasaran, aspal hotmix tersebar dalam berbagai macam jenis. Adapun jenis-jenis aspal hotmix sendiri adalah:

Asphalt Treated Base (ATB)

Jenis aspal hotmix yang pertama ini memiliki ketebalan sekitar 5 centimeter. Biasanya, jenis aspal ini dipasang di paling atas sebuah konstruksi jalan.

Sand Sheet

Kalau yang satu ini punya ketebalan sekitar 2 centimeter. Jenis aspal hotmix ini lazim dipakai untuk proyek pembangunan jalan di perumahan atau juga di lahan parkir.

Fine Grade

Seperti jenis aspal hotmix sebelumnya, jenis aspal ini juga bisa dipakai untuk jalan perumahan. Hanya saja, jenis aspal ini lazim dipakai untuk jalan perumahan yang tergolong rendah.

Asphalt Congreed Wearing Course (ACWC)

Jenis aspal setebal 4 centimeter ini lazim dipakai di permukaan jalan yang memiliki lalu lintas yang cukup berat.

Asphalt Congreed Binder Course (ACBC)

Seperti halnya ACWC, jenis aspal hotmix ini juga memiliki ketebalan sebanyak 4 centimeter.  Adapun fungsi utama jenis aspal hotmix ini adalah sebagai pelapis kedua untuk aspal ACWC atau Laston 3.

Laston 3

Aspal yang dikenal dengan nama Hot Roller Sheet ini punya ketebalan minimum 3 centimeter. Aspal ini cocok dipakai untuk melapisi permukaan jalan yang memiliki lalu lintas tingkat sedang.

Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Jasa Pengaspalan. Kontraktor Aspal. Teknisi pengalaman, Demikianlah sejumlah informasi penting soal aspal hotmix. Mulai dari definisi sampai jenis-jenisnya. Semoga bisa menambah wawasan bagi Sahabat yang baru pertama kali mengenal jenis aspal ini.Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang!

Aspal, Bahan Utama Pembuat Jalan

Aspal adalah salah satu jenis material yang penting untuk pembuatan jalan yang memiliki sifat melekat sehingga bisa tidak cepat rusak. Ciri lain dari material ini adalah berwarna hitam pekat, tidak mudah rusak karena air, hingga viskoelastis.Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang!

Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Berasal dari alam yang biasanya dari pengolahan minyak bumi, aspal memang termasuk sumber daya alam yang begitu mahal harganya. Bahan yang terkandung sangat kompleks. Termasuk karbon jenuh, alifatik, hingga aromatik.jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Skrag! Jasa Pengaspalan. Kontraktor Aspal. Teknisi pengalaman

Fungsi Aspal

Ada alasan mengapa aspal menjadi komponen yang harus ada dalam pembuatan jalan raya, terlebih justru digunakan sebagai komponen akhir yang diletakkan di paling atas jalan. Hal ini dikarenakan aspal memiliki fungsi sebagai prime coat dan tack coat supaya setiap material pembuatan jalan tak saling lepas.

Fungsi tersebutlah yang membuat material ini menjadi waterproofing sehingga melindungi material-material di bawahnya. Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang!  Dengan begitu, jalanan tidak lekas rusak meskipun terkena abrasi air, seperti saat hujan hingga banjir.

Sifat aspal sebenarnya cair loh, Sahabat, meskipun jika ditempatkan di suhu ruang akan mendapat kental padat. Namun, sifat asli material ini cair sehingga bisa mengisi ruang-ruang kosong ketika pembuatan jalan sehingga bisa menjadi filler antara material lain dan jalan menjadi semakin kuat.

Sifat Bahan Penyusun

Sekilas di awal sudah dijelaskan bahwa sifat aspal adalah viskoelastis dengan kandungan bahan-bahan kimia penyusunnya yang kompleks dengan kandungan karbon yang paling tinggi, yaitu hingga 88%. Sisa kandungannya adalah hidrogen, sulfur, oksigen, dan nitrogen.

Dari kandungan-kandungan kimia tersebut, penyusun aspal memiliki 4 sifat utama loh, Sahabat. Sifat paling menonjol adalah asphaltene karena sifat inilah yang membuat aspal menjadi material yang cocok untuk membuat jalan raya karena membuatnya keras dan kental.

Sahabat pasti pernah mendengar istilah resin bukan? Resin sebenarnya termasuk sifat senyawa dalam aspal loh, Sahabat. Warnanya cokelat tua, berbentuk solid, dan memiliki senyawa karbon dan hidrogen di dalamnya.

Aromatis dan bersaturasi menjadi sifat selanjutnya dalam material pembuatan jalan ini. Aromatis berwarna cokelat tua dan merupakan cairan kental yang membuat aspal sering kali terlihat padat di suhu ruang. Saturasi berkebalikan dari resin karena bentuknya non polar dengan senyawa alkil naften di dalamnya.

Sifat Aspal sebagai Bahan Konstruksi Jalan

Jika sifat penyusun material untuk membuat jalan lebih menjelaskan mengenai bentuk dan senyawa yang menyusun sehingga sulit dipahami jika bukan ahli kimia, sifat asli aspal sebagai material itu sendiri pasti lebih mudah dipelajari. Sebab, sifat-sifat ini begitu umum.Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang!

Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Sifat pertama yang dimiliki material berwarna hitam ini adalah memiliki daya tahan yang tidak bisa dimungkiri atau durability. Daya tahan inilah yang membuat aspal tidak tetap mempertahankan bentuknya meskipun terdapat perubahan cuaca.

Kohesi dan adhesi menjadi sifat utama lainnya dari aspal. Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Saling membuat rekat satu sama lain sehingga senyawa di dalamnya saling terikat kuat. Material ini juga peka terhadap temperatur sehingga tetap mempertahankan bentuk sesuai kondisi yang ada.

Yang paling diketahui dari aspal adalah sifatnya yang keras. Sahabat pasti tidak pernah melihat jalanan yang lembek setelah dibangun, bukan? Tidak seperti jalanan yang hanya berlapis tanah. Jadi, bisa dilalui oleh kendaraan seberat apa pun.Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang!

Berbagai Jenis Aspal

Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Fakta menarik dari pembuatan jalan yang menggunakan aspal adalah ternyata berbeda daerah akan menggunakan jenis aspal yang berbeda loh, Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Sahabat. Contohnya saja di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara lebih menggunakan aspal alam. Jenis ini juga digunakan untuk materi jalan di Perancis, Swiss, dan Amerika Serikat.

Jenis aspal lainnya adalah residu dan polimer. Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Aspal buatan merupakan residu penyulingan minyak bumi sehingga memiliki sifat seperti minyak bumi yang digunakan. Jadi, sifatnya pasti akan mengikuti minyak bumi yang disuling.

Aspal polimer menjadi salah satu jenis dengan material yang dihadirkan dari modifikasi polimer alam dan sintesis. Modifikasi ini telah dikembangkan puluhan tahun terakhir sehingga teruji dengan baik.

Parameter Pengujian Kualitas

Biasanya, sebelum ditentukan apakah material pembuat jalan tersebut bagus harus melalui tahapan panjang pengujian loh, Sahabat. Lebih tepatnya sih 8 tahap pengujian supaya tahu apakah material tersebut cocok di suatu daerah dan bisa bertahan hingga begitu lama.

Aspal akan diuji mengenai sifat kekerasannya atau yang biasa disebut tahap penetrasi. Sifat penting ini harus diketahui sehingga bisa tahu kualitasnya baik atau tidak untuk menjadi pelapis paling luar sebuah jalan.Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang!

Berat jenisnya juga harus diketahui untuk mengetahui kandungan minyak bumi yang terkandung. Semakin tinggi berat jenis, semakin banyak kandungan minyak bumi. Seberapa tinggi aspal bisa melekat pada suatu material lain juga harus diuji supaya tahu seberapa tahan lama nanti jalan akan kuat.

Satu hal yang harus diketahui dengan jelas dari material ini dalam pengujian adalah mengenai titik nyala dan titik bakar. Jalanan sering mengalami gesekan dan akan bertambah tinggi ketika musim kemarau sehingga titik nyala harus benar-benar diketahui supaya tidak menimbulkan bahaya untuk pengguna jalan.Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang!

Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Titik lembek, kelarutan, dan daktilitas adalah tiga hal terakhir yang harus dilakukan pengujian terhadap aspal yang akan digunakan. Jika kedelapan tahan tersebut memiliki hasil yang memuaskan, aspal lolos dan bisa digunakan untuk pembuatan jalan.

Tips Memperkuat Pembangunan Jalan

Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Agar jalan yang dibangun tahan lama sehingga tidak memakan banyak biaya karena jalan cepat rusak, ada beberapa tips yang bisa dipelajari, Melayani Jasa Pengaspalan Jalan, Perbaikan Jalan Baik Secara Manual Maupun Hotmix. Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Harga Murah. Ilmu ini bisa nih Sahabat tahu supaya ketika melihat ada pembangunan jalan bisa memantau, jalanan tersebut bisa awet.

Tips pertama adalah mengetahui ketebalan aspal yang digunakan. Ini tentu dapat dengan mudah dicari tahu, yaitu dengan cara melihat berapa kali pekerja menuang cairan pekat hitam di lapisan terakhir jalan. Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Sesuai aturan, minimal ketebalannya adalah 15 cm sehingga kendaraan yang melalui jalan tersebut tetap aman.Melayani Jasa Pengaspalan Jalan, Perbaikan Jalan Baik Secara Manual Maupun Hotmix. Harga Murah.

Kemiringan jalan juga berpengaruh pada ketahanan jalan raya loh, Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Sahabat. Akan tetapi, Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! sebenarnya membangun jalan memang tidak dibuat datar dan ini merupakan teknik konstruksi jalan yang biasa digunakan. Melayani Jasa Pengaspalan Jalan, Perbaikan Jalan Baik Secara Manual Maupun Hotmix. Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Harga Murah.  Mengapa? Hal ini dikarenakan biasanya jalan cepat rusak akibat genangan air di bagian tengah jika jalan dibuat datar. Maka, pekerja pasti akan membuat bagian sisinya lebih miring supaya air mengalir keluar jalan.jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Skrag! Jasa Pengaspalan. Kontraktor Aspal. Teknisi pengalaman.


Sistem drainase juga berpengaruh. Lapisan jalan aspal yang baik memerlukan sistem drainase yang baik. Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang! Ini nanti akan berkaitan dengan pemilihan bahan dan jenis material pembuatan jalan yang tepat supaya tidak amblas padahal baru saja dibangun.Melayani Jasa Pengaspalan Jalan, Perbaikan Jalan Baik Secara Manual Maupun Hotmix. Harga Murah.

Itulah penjelasan detail mengenai aspal yang sering kita lihat di jalanan. Nah, sekarang pasti sudah paham kan mengapa terkadang kita mencium bau tidak sedap dari jalan yang baru dibangun atau mengapa aspal harus digunakan sebagai pelapis terakhir dari pembuatan jalan? jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Skrag! Jasa Pengaspalan. Kontraktor Aspal. Teknisi pengalaman

Melayani Jasa Pengaspalan Jalan, Daftar Harga Aspal Hotmix Terbaru, Perbaikan Jalan Baik Secara Manual Maupun Hotmix. Harga Murah. Jasa pengaspalan jalan, pemasangan paving block, cor beton dan lain sebagainya. Hub Sekarang!

Share this:

 
Copyright © Pemborong AspalHotmix - Supported by MENOREH MEDIA